Menu Tutup

10 tempat wisata terbaik di kota malang

1.Coban Rais

Salah satu hal terkeren yang bisa dilakukan di Malang adalah mengayuh sepeda di udara sembari mengagumi keindahan panorama bukit yang menawan sekitar air terjun Coban Rais.

Photo Via Asilredbrick

Baca Juga :

Terletak sekitar 16 km dari Malang, Coban Rais merupakan air terjun setinggi 20 meter yang mengalir melalui perbukitan hijau yang dipenuhi semak belukar. Tak hanya pemandangannya yang menyenangkan mata ini, tetapi juga gerbang masuk menuju air terjun yang tidak boleh dilewatkan terutama bagi para penggemar foto.

Photo Via Arjuna.putraa

Kayuhlah sepeda di udara atau berpose di gardu pandang kayu berbentuk hati yang menghadap ke arah nelantara dan berfotolah sebanyak mungkin! Di sini juga terdapat sebuah kebun bunga yang letaknya hanya beberapa kilometer.

Photo Via Leohariyanto-and-joshuafavian
Photo Via Noveladolla95-and-clarissaaverina
Photo Via fitrirachamayanti

Kunjungilah tempat ini saat hari sedang cerah, karena jalan menuju air terjun bisa menjadi gelap dan berlumpur jika hari sedang hujan. Medannya memang sedikit menantang, tetapi pemandangan indah di sekitarnya akan membuat Anda tak letih melangkah. Tidak ada penjaja makanan di sini, jadi jangan lupa untuk membawa bekal makanan Anda masing-masing ya.

Catatan: Anda perlu berjalan kurang lebih 5km dari area parkir untuk mencapai air terjun

2.Coban Talun

Terletak di lereng Gunung Arjuna dengan ketinggian 75 meter, Coban Talun merupakan sebuah destinasi yang eksotis.

Photo Via mariolaisina

Berjarak 15 kilometer dari Kota Malang, di Desa Tulungrejo, terdapat air terjun misterius yang mungkin biasanya hanya bisa dijumpai di film-film. Kalau beruntung dan cuaca sedang cerah, Anda bisa menyaksikan pelangi di sini!

Photo Via Wind_y-and-ronnyang

Perjalanan Anda diawali dari sebuah bendungan dengan air yang mengalir ke bawah bagaikan lembaran kertas. Anda bisa mencebur dan menyegarkan diri di sini jika tertarik. Lalu, lanjutkan perjalan untuk mencapai air terjun utama yang menyembur di tengah tebing tinggi dan bebatuan. Bagi yang lebih menyukai tantangan, Anda bahkan bisa berkemah di sini.

Photo Via Ghrenademesc

Dan tebak, ini belum semuanya!

Ada sejumlah spot foto keren seperti gardu pandang berbentuk bunga matahari dengan latar belakang perbukitan yang menakjubkan, bingkai berbentuk hati di belakang sebuah ayunan, dan lain sebagainya. Segarnya udara sejuk dipadu dengan hamparan perbukitan yang luas pastinya akan membuai Anda.

Photo Via Ab_indrawijaya
Photo Via Engginovanaryen93

Catatan: Pastikan Anda melakukan perjalanan di saat hari sedang cerah dan terang. Gunakan alas kaki yang nyaman karena Anda akan berjalan melalui medan yang menantang karena adanya bebatuan dan tanah yang licin. Anda juga harus menyeberangi sebuah sungai untuk mencapai air terjun.

3.Air Terjun Madakaripura

Menjulang anggun di ketinggian 200 meter dari permukaan tanah, Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan kedua di Indonesia.

Untuk menuju ke sana Anda harus menyeberangi sungai dan celah-celah sempit diantara dinding-dinding tebing yang tertutup oleh lumut (pastikan membawa baju ganti dan sepatu/sandal gunung!). Rasanya seperti sedang melakukan perjalanan menuju sebuah dunia lain.

Photo via wahyu adnin

Begitu memasuki area air terjun, Anda akan disambut oleh arca Mahapatih Gajah Mada, salah satu tokoh legendaris dari kerajaan terbesar nusantara di masa lalu, Majapahit.

Photo via hadikurniawan39

Layaknya sebuah tirai air, Air Terjun Madakaripura tampak cantik menghiasi dinding lengkungan tebing di sekitarnya. Dan di balik air terjun tersebut tersembunyi pula sebuah gua, yang diyakini sebagai tempat bersemedinya Mahapatih Gajah Mada.

Catatan: Meskipun lokasi ini sudah cukup popular di kalangan wisatawan, namun belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat, sehingga masih banyak petugas liar. Oleh karena itu tak jarang ada laporan pengunjung yang dipaksa untuk membayar jasa pemandu, sampai pencucian mobil/motor.  Satu lagi, menurut mitos, Anda disarankan meninggalkan tempat ini sebelum jam 14.00 karena biasanya pada waktu tersebut akan turun hujan dan akan menyulitkan perjalanan pulang.

4.Coban Tundo

Air terjun yang satu ini namanya belum seterkenal air terjun lain yang ada di Malang, namun belakangan ini mulai tidak asing lagi, terutama di kalangan para pecinta alam sejati.

Photo via shxwty

Salah satu alasannya karena berjarak kurang lebih tiga jam perjalanan dari pusat kota, dan ditambah lagi dengan satu jam trekking dari tempat parkir kendaraan terdekat. Meskipun demikian, satu jam tersebut tidak akan terasa melelahkan, karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan oleh panorama yang amat indah dan menawan.

Photo via ninaayuuu

Dari tiga buah air terjun yang ada di area ini, Coban Tundo 2 merupakan bintang utamanya. Dari Coban Tundo 1 Anda harus berjalan kaki naik dan turun bukit selama 10 menitan. Lalu Anda akan menuruni tangga setinggi 3 meter hingga akhirnya menemukan sebuah kolam air terjun yang begitu indah dengan gradasi warna biru kehijauan. Ingin terjun dan berenang? Silakan.

Photo via napoutama

Kalau tidak ingin basah-basahan di kolam air terjun sedalam 7 meter, cukup nikmati pemandangan saja, kemudian akhiri perjalanan kali ini dengan singgah di Desa Tambaksari yang tak jauh dari situ untuk menikmati secangkir kopi dari hasil panen kebun kopi setempat.

5.Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Menjulang setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut, Gunung Semeru (atau warga lokal biasa menyebutnya ‘Mahameru’) merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

paket wisata bromo murah hanya di rivawidyatrans.com

Popularitas gunung ini pun kian melesat berkat film popular 5cm yang dirilis pada tahun 2012 silam. Gunung Semeru kerap dianggap sebagai ‘batu loncatan’ bagi para pendaki yang ingin menambah pengalaman, karena hanya membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk mendaki dan menuruninya, tergantung kondisi fisik.

Photo via Mansyur Hasan W

Pendakian dimulai di Desa Ranu Pane, di mana para pendaki dapat menyiapkan bekal dan beristirahat sejenak sebelum memulai ekspedisi keesokan harinya. Tahap pertama perjalanan akan berujung di Ranu Kumbolo, sebuah danau menakjubkan yang dikelilingi bukit-bukit hijau di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Biasanya, di sinilah para pendaki akan mendirikan tenda dan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan.  Kalau ingin menguji daya tahan tubuh Anda terhadap suhu yang dingin, boleh lho mencelupkan kaki di danau.

Setelah melewati Ranu Kumbolo, maka selanjutnya yang akan dihadapi oleh para pendaki adalah bukit Tanjakan Cinta. Konon jika berhasil melaluinya tanpa sekalipun berhenti dan beristirahat, Anda bakal menemukan cinta sejati!

Photo via khamis balasad

Dan di akhir pendakian yang melelahkan, segala penat akan terbayar lunas di padang Oro-oro Ombo yang tampak begitu dengan hamparan bunga Edelweiss (lambang keabadian) serta bunga Verbana Barisliensis Vell – mirip bunga Lavender – yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Photo via arditafanisa

Karena status Gunung Semeru merupakan gunung berapi aktif, maka berkemah di sekitar puncak gunung tidak diperkenankan karena terdapat gas beracun yang mematikan. Untuk menaklukkan Mahameru, pendaki dapat berkemah di Kalimati dan memulai pendakian pada pukul 2 dini hari dalam keadaan gelap gulita. Di tahap terakhir ini Anda perlu ekstra waspada, karena tak jarang batu-batu besar berjatuhan dan bisa membahayakan.

Photo via weenlin19

Apakah segala daya upaya dan risiko menaklukkan Sang Mahameru sebanding dengan kepuasannya? Semua ada di tangan Anda!

Catatan: Jika Anda termasuk kategori pendaki pemula, sangat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu mengingat pendakian di Gunung Semeru merupakan hal yang amat serius dan membutuhkan persiapan matang – dari transportasi, perizinan, perbekalan, dan tentu saja kondisi fisik prima.

6.kafe-kafe unik di Malang

Apel bukanlah satu-satunya makanan yang bisa memanjakan lidah Anda selama berlibur di Malang. Sebagai kota dengan latar beragam budaya dan sejarah yang beragam, Malang menyimpan beberapa tempat makan unik yang menggugah selera. Berikut diantaranya:

9-a. Butik sekaligus kafe romantis: Madam Wang Secret Garden

Berkunjung ke kafe ini, Anda pasti otomatis ingin berkeliling melihat-lihat terlebih dahulu ketimbang langsung memilih tempat duduk. Dan kalaupun tiba saatnya memilih tempat duduk, Anda juga bakal dibikin bingung memutuskan mau duduk di taman outdoor yang sejuk dan asri atau dalam ruangan yang begitu nyaman dan hangat.

Photo via foodyfloody
Photo via dewiyuda, jessicamarthas, karenndevita, titisekaaprilia

Jika ingin makan makanan yang berat, Gudeg Ayam khas Yogyakarta yang disajikan di sini sangat kami rekomendasikan. Namun kalau tidak ingin terlalu kenyang, pilihan paling populer di daftar menu yang wajib dicicipi adalah apple strudel. Masa ke Kota Apel tidak mencoba sajian dari apel?

Photo via saskiasesoria, yoeriztaratu, melskape

Bukan hanya kafe saja yang terdapat di Madam Wang Secret Garden, tapi juga sebuah butik kecil yang menjual koleksi kain, juga bermacam-macam benang untuk Anda yang hobi menyulam.

Photo via fatmahas29, hadiyahhayati

7. Hawai Waterpark

Hawai Waterpark merupakan pilihan terbaik bagi kamu yang ingin liburan dengan keluarga. Di sini kamu akan mendapati beragam permainan air yang unik dan menyenangkan.

Selain wahana permainan yang cukup beragam, fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap.

Mulai dari kamar ganti, food court, tempat ibadah, WiFi, area parkir, gazebo dan fasilitas lainnya yang akan membuat pengunjung semakin betah.

Lokasi: Jl Graha Kencana Raya, Banjararum, Kec. Singosari, Kab. Malang.

Waktu Berkunjung:  Senin-Jum’at mulai pukul 10.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

8. Kampung Warna Warni Jodipan

Ingin berburu spot cantik untuk hasil foto yang unik?  Datang saja ke Kampung Warna Warni Jodipan yang terletak di Desa Jodipan, Kota Malang.

Meskipun awalnya kampung ini dikenal sebagai kawasan kumuh, namun nyatanya sebuah perubahan mampu membuat kampung ini terlihat cantik dan penuh warna.

View yang menawan dari Jembatan Brantas memunculkan ide kreatif pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiayah Malang yang tergabung dalam komunitas Guyspro.

Hingga akhirnya seluruh rumah dicat dengan berbagai warna cerah dan menghasilkan karya seni yang begitu artistik.

Beberapa spot foto yang bisa dijelajahi antara lain adalah Jembatan Embong Brantas, Lorong Payung, Dinding warna warni, Lukisan 3D, Tangga warna warni dan spot cantik lainnya.

9. Alun-alun Kota Malang

Alun-alun Kota Malang merupakan destinasi wisata murah meriah yang bisa kamu jajal saat berkunjung ke Malang.

Suasana nyaman di bawah pepohonan akan membuatmu betah menikmati area sekitar.

Ada puluhan burung merpati yang dibiarkan beterbangan di sekitar alun-alun ini sehingga suasana yang kamu dapati di sana semakin meriah.

Tidak ketinggalan juga fasilitas free WiFi yang akan membuat siapapun betah berselancar di dunia maya sembari menikmati sejuknya udara di sore hari.

10. Teluk Bidadari

Sebentuk cekungan dengan air jernih kehijauan menjadi spot cantik yang akan memanjakan pandangan mata.

Tebing karang disekelilingnya seolah memberikan ruang bagi siapapun yang ingin menikmati liburan yang lebih privat.

Untuk menuju ke lokasi menawan ini, kamu bisa menggunakan jasa guide lokal agar tidak tersesat selama perjalanan.

Lokasi: Desa Sumber Bening, Kec. Bentur, Kab. Malang (sekitar 30-40 menit dari Pantai Mbehi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *