Menu Tutup

5 Hal Seru Yang Bisa Anda Lakukan Di Gunung Bromo

Pesona di Gunung Bromo Jawa Timur memang tak ada habisnya. Bromo bukan hanya sekadar lokasi untuk mendaki, karena gunung berapi ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) yang mencakup areal seluas 800 km². Banyak hal-hal seru yang dapat kamu kunjungi disini dan pastinya bakal buat kamu rindu sama Gunung Bromo. paket wisata bromo murah hanya di rivawidyatrans.com

1.Mengunjungi Pura Luhur Poten

Di tengah lautan pasir yang menghampar luas di Gunung Bromo terdapat sebuah Pura yang sangat sakral bagi suku Tengger, Pura Luhur Poten. Pura ini merupakan kediaman dari Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang dipuja oleh umat Hindu. Pura yang dibangun pada tahun 2000 ini, menjadi titik pusat kegiatan upacara adat suku Tengger yang sangat terkenal karena keeksotisannya seperti Hari Raya Karo, Yadnya Kasada dan Unan-Unan. Bangunan Pura Luhur Poten ini sangat menarik. Pada bagian depan gerbang ini berbentuk seperti bangunan Candi Bentar, gerbang itu terdapat di kedua sisi depan komplek pura. Disamping kanan dan kiri gerbang terdapat Arca Dwarapala yang dikeramatkan oleh warga karena adanya bekas sesajian didekatnya. Kebanyakan wisatawan yang mampir ke pura ini hanya sekadar untuk berfoto-foto atau melakukan ritual bagi mereka yang beragama Hindu.

2.Menunggang Kuda

Tak perlu capek lagi untuk menyeberangi lautan pasir menuju ke Gunung Bromo. Kamu bisa menyewa kuda karena tarifnya yang cenderung lebih murah daripada menyewa mobil jeep. Naik kuda juga menjadikan suasana lebih santai dan kamu juga akan merasa seperti cowboy. Biayanya hanya sekitar Rp. 30.000,- hingga Rp. 100.000,- tergantung bagaimana cara kamu menawar. Kalau kamu tidak mahir berkuda, kamu bisa minta pawangnya buat nemenin, kamu akan di sambut dengan suka hati loh! Asyik banget kan bayanginnya? Fix, ini cocok banget buat kamu yang letoy tapi tetep pengen menyusuri Lautan Pasir di Gunung Bromo.

3. Makan mie instan sambil ngopi atau ngeteh

Udara Bromo yang dingin bikin lapeeeerrr banget! Di dekat pintu gerbang sebelum menuju sunrise view point, wisatawan bisa menemukan warung kecil yang menjual mie instan, kopi, teh, gorengan, dan sebagainya.

Waktu itu saya mampir sejenak untuk sarapan mie instan kuah rasa soto, plus telur setengah matang! Enggak lupa, teh manis panas jadi pendamping sarapan yang bikin perut senang bukan main. 

4 Naik jeep di lautan pasir

Lautan Pasir merupakan destinasi yang bisa kamu kunjungi selama liburan ke Bromo. Lautan Pasir ini biasanya disebut Pasir Berbisik.

Dinamai demikian sebab ketika angin bertiup, pasir di sini berterbangan ke mana-mana sehingga menimbulkan suara seperti bisikan.

Untuk mengarungi Lautan Pasir, seru banget sambil naik jeep. Sepoi-sepoi! Kalau mau sewa motor untuk berkeliling sebentar juga bisa.

5. Sunrise Gunung Bromo

Kegiatan satu ini wajib dilakukan selama liburan di Bromo, dan lokasi yang wajib dikunjungi adalah Puncak Penanjakan Gunung Bromo. Dengan ketinggian lebih dari 2.000 mdpl dan berada di sisi barat Gunung Bromo, Puncak Penanjakan akan menyuguhkan pemandangan matahari terbit yang sangat keren dan istimewa dengan berlatar Gunung Bromo. Puncak Penanjakan sendiri terdiri dari dua titik yang masing-masing disebut dengan Puncak Penanjakan 1 dan 2. Puncak Penanjakan 1 bisa kamu tempuh melewati lautan pasir Gunung Bromo dan harus berangkat lebih awal sekitar jam 3 dini hari. Sedangkan untuk Puncak Penanjakan 2 bisa ditempuh dari Probolinggo, dengan lokasi yang lebih rendah, kamu tidak perlu menyewa mobil jeep karena bisa diakses kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *